Sahabat Penaku

Berbagi Tulisan Bermanfaat

Sinopsis Novel Anak dan Kemenakan

Sinopsis Novel Anak dan KemenakanSinopsis Novel Anak dan Kemenakan – Sinopsis merupakan ringkasan cerita dari sebuah novel atau bisa juga di artikan gambaran isi dari suatu cerita secara garis besarnya. dan yang akan di bahas kali ini mengenai Sinopsis Novel Anak dan Kemenakan

  • Judul        : Anak Dan Kemenakan
  • Pengaran : Marah Rusli
  • Angkatan : 20- an (Balai Pustakaa

Sinopsis Novel Anak dan Kemenakan

Ada empat orang yang sudah menjalin persahabatan dari kecil, mereka semua berasal dari keluarga bangsawan mereka adalah Mr. Muhammad Yatim, dr.Aziz, Puti Bidasari, dan Sitti Nurmala Selain hubungan persahabatan, diantara kedua pasangan tersebut  juga terjalin hubungan percintaan yaitu. Mr. Muhammad Yatim mencintai Puti Bidasari, yang tidak lain merupakan adik angkatnya dan dibesarkan dalam satu keluarga yaitu keluarga Sutan Alamsyah dan istrinya Sitti Maryam. Sedangkan Sitti Nurmala sendiri menjalin hubungan dengan dr.Aziz. Sitti Nurmala merupakan putri dari saudagar kaya raya  di Padang yaitu Baginda Mais dan istinya Upik Bunngsu. Sutan Alamsyah sangat bahagia atas kedatangan anaknya Mr. Yatim dari negeri Belanda yang sudah menyelesaikan sekolahnya sebagai Hakim Tinggi sehingga dia mendapat gelar Master Doktor, yang pada saat itu adalah gelar tertinggi di Padang, dan hanya Mr. Yatim yang mendapat gelar tersebut.
Sutan Alamsyah Hopjaksa ingin mempersandingkan anaknya Mr. yatim dengan keponakannya Puti Bidasari yang merupakan anak kakak perempuannya yaitu Putri Renosari dan Sutan Baheram, tapi lamaran Sutan Alamsyah ditolak, karena mereka tahu asal-usul Mr. Yatim yang bukan anak kandung Sutan Alamsyah. Mereka kira Mr. Yatim adalah anak tukang pedati yang miskin, meskipun dibesarkan dan diangkat anak oleh Sutan Alamsyah bahkan sampai disekolahkan dan mendapat gelar Mester Doktor di Negeri Belanda.
Adat istiadat telah membelenggu , mengukung dan membagi dalam tingkat kehidupan masyarakat, seperti halnya Putri Renosari yang ingin menikahkan anaknya dengan seorang bangsawan lagi. Bidasari akan dikawinkan dengan yang kaya dan juga turunan bangsawan tinggi Sutan Malik, kemenakan Sutan Pamenan yang gemar berjudi dan menyabung ayam.Biaya pernikahan Puti Bidasari dengan Sutan Malik ditanggung oleh Baginda Mais yang merasa diuntungkan dengan pernikahan Puti Bidasari dan Sutan Malik, karena kesempatan untuk menikahkan putrinya Sitti Nurmala dengan Mr. Yatim terbuka lebar. Akankah Mr. Yatim menikah dengan Bidasari ataukah akan bersanding dengan Sitti Nurmala sebagaimana permintaan ayah angkatnya Sutan Alamsyah, sedangkan Sitti Nurmala adalah kekasih dr. Aziz yang merupakan sahabat karibnya dari kecil.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 Oktober 2016 by in artikel and tagged , .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 7 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: