Sahabat Penaku

Berbagi Tulisan Bermanfaat

Kisah Kharamah Usman Bin Affan

Kisah Kharamah Usman Bin Affan

Kisah Kharamah Usman Bin Affan

 Usman Bin Affan Adalah Salah Seorang Sahabat Nabi yang terdekat setelah abu bakar dan ali ra , dia juga dijadikan oleh Rasulullah sebagai Menantunya. Usman Bin Affan adalah saudagar yang kaya raya dikenal dengan kedermawanannya. Sifat nya santun, lembut, sangat pemalu, kaya, . Karena itulah ia sangat dicintai dan dimuliakan oleh kaumnya.
dan dalam artikel ini akan di bahas mengenai beberapa Kisah Kharamah Usman Bin Affan :

  1. Dalam kitab Al-Thabaqat, Taj al-Subki di kisahkan tentang seorang laki-laki bertamu kepada Usman Laki-laki tersebut baru saja bertemu dengan seorang perempuan di tengah jalan, lalu ia menghayalkannya. Usman berkata kepada laki-laki itu, “Aku melihat ada bekas zina di matamu.” Laki-laki itu bertanya, “Apakah wahyu masih diturunkan setelah Rasulullah Saw wafat?” Usman menjawab, “Tidak, ini adalah firasat seorang mukmin.” Usman r.a. mengatakan hal tersebut untuk mendidik dan menegur laki-laki itu agar tidak mengulangi apa yang telah dilakukannya.
  2. Ibnu `Umar r.a. menceritakan bahwa Jahjah al-Ghifari mendekati Usman r.a. yang sedang berada di atas mimbar. Jahjah merebut tongkat Usman, lalu mematahkannya. Belum lewat setahun, Allah menimpakan penyakit yang menggerogoti tangan Jahjah, hingga merenggut kematiannya. (Riwayat Al-Barudi dan Ibnu Sakan)
  3.  Diceritakan bahwa Abdullah bin Salam mendatangi `Usman bin Affan r.a. yang sedang dikurung dalam tahanan untuk mengucapkan salam kepadanya. Usman bercerita, “Selamat datang saudaraku. Aku melihat Rasulullah Saw dalam ventilasi kecil ini. Rasulullah bertanya, “Usman, apakah mereka mengurungmu?’ Aku menjawab, `Ya.’ Lalu beliau memberikan seember air kepadaku dan aku meminumnya sampai puas. Rasulullah berkata lagi, `Kalau kau mau bebas.niscaya engkau akan bebas, dan kalau kau mau makan bersama kami mari ikut kami.’ Kemudian aku memilih makan bersama mereka.” Pada hari itu juga, `Usman terbunuh.
  4. Muhammad bin Sirin rahimahullaah berkata : Saya sedang thowaf di Ka`bah, maka tiba-tiba saya mendengar ada seorang laki-laki berdoa : Ya Allah, ampunilah aku, dan saya kira Engkau tidak mengampuniku.Maka saya pun berkata kepada orang tersebut :
    Wahai Hamba Allah, saya tidak pernah mendengar seorang pun mengatakan apa yang kamu katakan tadi.Maka orang itu mengatakan :
    “saya punya janji kepada Allah, jika saya mampu untuk menampar wajah Utsman, maka sungguh saya akan melakukannya. Maka ketika Utsman terbunuh, lalu (jenazahnya) diletakkan di tempat tidur beliau yang ada di dalam rumah, sedangkan manusia berdatangan untuk mensholati beliau, maka saya pun masuk dan pura-pura mensholati Utsman. Maka saya menemuinya dalam keadaan sepi, lalu saya mengangkat pakaian yang menutupi wajahnya dan jenggotnya lalu saya pun menamparnya. Maka tiba-tiba tangan kanan saya menjadi kaku tak bergerak”.Berkata Ibnu Sirin :
    sungguh saya melihat tangannya keras seperti kayu.

    Sumber : Bidayah Wan Nihayah karya Ibnu Katsir : 7/200
    البداية والنهاية – ابن كثير – ج ٧ – الصفحة ٢٠٠

  5. Diceritakan bahwa Abdullah bin Salam mendatangi `Usman r.a. yang sedang dikurung dalam tahanan untuk mengucapkan salam kepadanya. Usman bercerita, “Selamat datang saudaraku. Aku melihat Rasulullah Saw dalam ventilasi kecil ini. Rasulullah bertanya, “Usman, apakah mereka mengurungmu?’ Aku menjawab, `Ya.’ Lalu beliau membagikan seember air kepadaku dan aku meminumnya hingga puas. Rasulullah berkata lagi, `Kalau kau mau bebas.niscaya engkau akan bebas, dan kalau kau mau makan bersama kami mari ikut kami.’ setelah itu aku memilih makan bersama mereka.” di hari itu juga, `Usman terbunuh.

kisah ke lima menceritakan kalau seandainya Usman Bin Affan memilih selamat dari pembunuhan niscaya Alah Swt akan meyelamatkan namun sayidina usman ra lebih memilih bersama Rasullulah Saw adapun biografi nya baca biografi usman bin affan

Demikian Kisah Karomah Usman Bin Affan R.A sebagai bukti kemulian Yang Allah berikan padanya.

One comment on “Kisah Kharamah Usman Bin Affan

  1. Ping-balik: Biografi Beberapa Sahabat Nabi Muhammad Saw – Wahana Edukasi

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 9 Juli 2016 by in Islam and tagged , .

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 7 pengikut lainnya

